Kesuksesanmu Merupakan Kesuksesan Gurumu


Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar kata “guru” ?

“Tugas yang banyak”.
“Ulangan yang sulit”
“Pemberi nilai rapot”

Hey.. Guru bukan hanya sekedar pemberi nilai. Guru adalah sebuah profesi mulia yang pasti pernah menyentuh hidup kita semua. Guru adalah seseorang yang membuat kita mengerti terhadap suatu hal. Bukan begitu ?

“Aku tidak pernah memahami apa yang diajarkan oleh guruku”.
Ketika kamu tidak faham, kenapa kamu tidak bertanya ? Aku yakin, jika kamu bertanya gurumu pasti akan menjelaskannya sampai kamu faham.

“Aku sudah bertanya, tetapi aku tidak pernah mengerti”.
Coba gunakan hatimu. Mungkin saja kamu tidak mengerti karena hati kamu tidak terbuka untuk menerima pelajaran itu. Jangan hanya mengeluh, berusahalah!

“Sungguh, aku telah berusaha. Aku selalu memerhatikan ketika guruku menjelaskan”
Hanya memerhatikan ? Kamu ingin bisa hanya dengan memerhatikan ? Tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanya orang yang tidak mau berusaha. Cobalah untuk tidak merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh gurumu agar kamu mau mencari lebih banyak.

Teman, mungkin banyak dari kita yang senantiasa berpikiran seperti itu. Ketika kamu tidak memahami pembelajaran, jangan kira hanya kamu yang merasa frustasi. Asal kau tahu, kesuksesan seorang guru itu ketika melihat anak didiknya berhasil memahami pelajaran yang dia berikan. Guru telah mengerahkan seluruh usahanya agar kita berhasil. Ketika kamu berpikir “selalu saja remedial”, terbukalah. Apakah kau mau menerima nilai lima-mu itu ? Siapa yang kamu kambing hitamkan ketika kamu mendapat nilai merah di rapot kebanggaanmu ? Lagi-lagi gurumu, bukan begitu ?

Sekarang, mulailah memahami hakikat seorang guru. Jangan berpikir pendek hanya karena guru itu melakukan suatu hal yang kamu tidak suka, sungguh apa yang dilakukan oleh gurumu merupakan kebaikan untukmu, meskipun kamu belum menyadarainya. Karena, kesuksesanmu juga merupakan kesuksesan gurumu.

“Mungkin sekarang kamu tidak mengerti manfaat pelajaran yang kamu pelajari. Tetapi, suatu saat kamu akan menggunakan bekal pelajaran ini dalam kehidupanmu kelak”.

Selamat Hari Guru!
Inilah hari untuk kita mengingat kembali peran penting guru dalam kehidupan kita.

***
(Devitha, 2018)

Komentar