BEASISWA KULIAH ? OSC AJA :V


Tulisan yang satu ini santai yaa, gak merhatiin unsur kebahasaan yang bikin lieur dan harus mikir hahahaa :D

Oke temen-temen, OSC tuh program beasiswa buat kuliah selama 4 tahun alias dari masuk sampe lulus. Program ini khusus buat anak kelas 12 sekarang yang berniat mau kuliah tahun depan tentunya! OSC juga didukung sama KEMENDIKBUD loh gengs!
Tahun 2018 ada 18 PTS yang kerja sama dengan OSC, tahun 2019 nambah jadi 21 PTS gengs, keren gak tuh ?

“Tehdev, dapetin beasiswanya susah nggak?”
Namanya kompetisi, apalagi beasiswa, pasti banyak yang tertarik dan banyak saingannya khann? Jelas iya dong!
Tapi temen-temen, gausah takut dan ragu sebelum ikutan, toh daftarnya GRATIS. Apa salahnya mencoba ?

“Tehdev, tahapannya gimana aja ?”
Jadi ada 4 tahapan yang harus kalian hadapi biar jadi pemenang dari OSC ini.

TAHAP 1 : PENDAFTARAN
Follow akun instagram osc_medcom , pantengin terus, sekarang udah dibuka pendaftarannya, langsung gas aja daftar gausah mikir panjang nanti malah lupa!
Oiya, gak semua jurusan di masing2 univ nyediain beasiswa ini ya. Misalkan, di univ al azhar indonesia tuh ada jurusan psikologi tapi mereka gak nyediain beasiswa buat jurusan psikologi. Jadi, make sure kalian udah tau mau pilih jurusan apa dan dimana, cek dulu di form pendaftaran ada nggak tuh jurusan yang kalian pengen di univ itu, kalo gaada cari di univ lain, jangan terfokus ke satu univ aja, mulai aja dulu!

TAHAP 2 : UJIAN ONLINE
Setelah kalian berhasil daftar, kira2 bulan Oktober bakal ada ujian tahap 1 online. Soal tiap universitas beda2 loh, univ masing-masing yang bikin bukan tim osc nya. Misalnya, tahun 2018 tuh soal ujian TELKOM cuma TPA aja, tanpa ada fisika, biologi dsb. Tapi, soal ujian Mercu buana tuh komplit, ada fisika, biologi, dsb. Ada juga yang cuma pake soal bahasa inggris aja, bahasa indo dan bahasa inggris, beda2 pokoknya. Nanti kedepannya bakal di share kok di instagram osc tentang materi apa aja yang bakal keluar tiap univnya.
Nah dari sekian ribu peserta yang ikut, bakal diambil 150 peserta untuk masing-masing universitas. Jadi istilahnya kalian tuh cuma bersaing sama temen-temen yang daftar di univ itu juga.

TAHAP 3 : BERKAS
Setelah lulus ujian online tahap selanjutnya yaitu seleksi berkas.
Berkas-berkas yang harus disiapkan :
1. SKCK dari kepolisian atau Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari
 Sekolah juga bisa.
2. Surat keterangan bebas narkoba
3. Surat tidak buta warna untuk beberapa jurusan khususnya teknik
4. Surat keterangan sehat
5. SKHUN SMP
6. Kartu Identitas (bisa KTP atau Kartu Pelajar)
7. Kartu Keluarga
8. Rapot semester 1-4
9. Sertifikat-Sertifikat.
Lumayan banyak sih emang, namanya juga perjuangan, beasiswa selama 4 tahun, emang ada yang gampang ? (
Semua berkas2 itu di scan dan disatuin dalam bentuk rar atau zip kalo gak salah, lupa namanya hehe terus dikirim lewat email ke alamat email masing-masing univ.

TAHAP 4 : UJIAN FINAL
Setelah lolos pemberkasan, 70 orang dari masing-masing univ berhak masuk ke tahap final.
Tahap final ini aku gak terlalu faham si soalnya kemaren cuma lolos sampe pemberkasan aja hahahaa (
Tapi yang pasti tahap ini tuh langsung tatap muka gengs, wujud nyata. Sebelumnya kan kita cuma ujian online dan ngirim berkas, nah ditahap ini kita pergi ke Jakarta buat ujian. Semua peserta yang lolos dateng ke Jakarta buat ikut ujian, ujian tiap univ tentunya beda2 juga tergantung univnya masing-masing. Ada yang cuman wawancara aja, ada yang cuman test TOEFL aja dan tentunya ada juga yang ujian lagi, ngerjain soal kaya waktu ujian online dengan soal yang relatif lebih sulit mungkin, ya namanya juga final hmm..
Kalo gak salah yang lolos final tuh 20 orang per universitas, langsung diumumin saat itu juga, semua peserta tetep dapet sertifikat tentunya.

NAHHH...
Segitu aja deh tahapan tahapan buat OSC ini, buat info lebih lanjut terus pantau instagram osc_medcom aja biar gak ketinggalan informasi, jangan lupa daftar ya teman-teman, gaada salahnya mencoba dan kita gatau rezeki kita ada dimana, kalo gagal ya jadiin pembelajaran dan itung-itung simulasi SNMPTN sama SBMPTN yang bakal lebih banyak lagi saingannya.
Selamat malam dan selamat mencoba!
Jangan lupa share ke temen2 pejuang yang lain, perbanyak pahala, perbanyak sedekah info, siapa tau kita bakal dapet info penting lain gara2 satu info yang kita bagiin juga khann?!!

*Maaf untuk tulisan yang berantakan ini, semoga lancar segala urusannya, sampai bertemu ditulisan berikutnya (
Jika ada yang ingin sharing : 081321534143 (

Komentar

  1. Saya lagi seleksi pemberkasan osc 2019, mau nanya. Apakah nilai rapot berpengaruh banyak terhadap lolos test pemberkasan?

    BalasHapus
  2. Hallo, mohon maaf sekali komentarnya baru saya baca 🙏
    Setahu saya itu sangat mempengaruhi, tapi berbeda kebijakan setiap kampus, yg pasti kamu hanya bersaing dengan teman2 yg memilih kampus yg sama denganmu.
    Seperti halnya pada tahun 2018 saya dan teman saya lolos di tahap pertama dan lanjut pemberkasan, nilai rapot saya sbnrnya lebih tinggi daripada teman saya, tetapi yang lolos ke tahap final itu teman saya karena kampus yang kami pilih berbeda, begituu. Tetap semangat yaa 😊

    BalasHapus

Posting Komentar