[ NIAT KUAT, TUJUAN JELAS ]


Bismillah … aku memang enggak akan pernah bisa sempurna, aku hanya ingin berbagi hal-hal yang mungkin bisa bermanfaat. 

Dev, berapa lama belajar UTBK? Kurang lebih 6 bulan, sejak Januari. 

Gimana cara belajarnya ? Oke, ini akan menjadi utas yg sangat panjang.

Bagaikan orang yang punya uang, dia enggak punya niat dan tujuan untuk apa uang itu digunakan, maka uang yang dia punya akan sia-sia. “Pak, tolong antar saya keliling,” “Ke mana Bu ?” “Ke mana aja pokoknya keliling, saya punya uang kok untuk bayar.”

Sampai akhirnya dia menghabiskan uangnya hanya untuk berkeliling karena tidak punya tujuan, enggak dapat apa-apa. Kalau tujuan jelas, mau belanja ini, itu, uangnya enggak akan habis sia-sia.

Begitu pula dengan kita yang hendak menggapai mimpi. Kita harus punya niat dan tujuan yang jelas agar modal (dalam konteks ini waktu) yang kita punya enggak terbuang sia-sia.

Niat menjadi hal yang sangat penting yang harus teman-teman miliki sebelum melakukan segala sesuatu. Kalau enggak ada niat yang kuat, teman-teman pasti sulit untuk mempertahankan mood belajar, palingan satu-dua minggu sudah loyo. So, pastikan niatnya kuat ya.

Tanamkan dalam diri, untuk apa sebenarnya kamu belajar, untuk siapa kamu berjuang, dan apa sebenarnya goal yang ingin kamu capai. Tuliskan semua hal yg membuat kamu harus tidak menyerah, apa yg akan kamu dapat jika kamu berhasil dan apa pula yg akan kamu dapat jika kamu gagal.

Yakini itu dengan sepenuh hati sehingga ketika kamu lelah, kamu bisa membaca ulang catatanmu yang akan membuat kamu bangkit kembali. InsyaaAllah. 

Saat itu, aku punya niat yang kuat karena posisinya aku keluar dari FK, aku enggak mau kesempatan ini terbuang sia-sia, jadi mau gak mau pokoknya aku harus bangkit. 

Aku akan lampirkan beberapa foto catatan dan motivasi yang aku buat kemarin. Akan tetapi, ini aku tulis gini biar aku terpacu, enggak ada maksud lain. Jadi, aku harap teman-teman ngerti ya ...




Aku sebenarnya malu untuk up itu, tetapi aku ingin benar-benar terbuka. Itulah yang bikin aku mau dan enggak nyerah untuk belajar. Aku nulis itu (gambar yg putih) posisinya saat aku baru mau banget mulai belajar, baru banget keluar FK, masih dalam kondisi kurang baik saat itu.




Nah, yang aku sangat hindari dan takuti itu penyesalan nomor terakhir, "kenapa mesti keluar dari FK sih Dev?" Aku gak mau banget berpikiran kayak gitu dan Alhamdulillah sejauh ini enggak pernah.




Oh iya, yang benar-benar aku tulis awal banget itu satu, yg foto pertama aja. Tulisan di gambar lain itu aku baru buat 2 bulanan sebelum UTBK kalau enggak salah. 

Nah udah deh, poin pertama dari utas "Cara Belajar" segitu aja, maaf kalau ada yang kurang berkenan, tolong koreksi kalau salah yaa. Aku harap teman-teman bisa nentuin tujuan yang jelas juga untuk jadi acuan kedepannya. 

Terima kasih!

Komentar