[ BUAT JADWAL BELAJAR, TASK ORIENTED ]

 



Setelah kamu menentukan apa saja materi yang harus kamu kuasai, mulai buat jadwal belajarmu sendiri. Jadwal belajarnya disusun sesuai materi apa yang harus kamu kuasai per hari, bukan kamu harus belajar mapel apa per hari itu.

Misalnya, hari ini targetmu menguasai satu bab mtk, mengerjakan soal-soal bab itu 20 soal. Hindari pikiran "minggu ini mau belajar mtk aja pokoknya", tetapi kamu nggak tahu bab apa yang akan kamu pelajari. Hal itu akan membuat kamu bingung ketika nanti saatnya belajar.

Aku pribadi biasanya membuat jadwal setiap hari Minggu untuk satu minggu kedepannya, goals apa yang harus aku capai dalam satu minggu itu, buat lebih spesifik dengan goals per harinya. Selain itu, aku juga langsung print latsol2 yang harus aku selesaikan dalam satu minggu itu.



Selanjutnya, jangan paksakan diri kamu untuk menguasai banyak materi sekaligus, usahakan jika jadwalmu hari itu menguasai materi sel misalnya, kamu benar-benar fokus mempelajarinya, jangan asal belajar aja. “Oh kemarin jadwal sel, berarti aku udah belajar, pindah ke materi lain”.

Padahal, belajar kamu belum tuntas, cuma sekadar baca aja tanpa latihan soal misalnya. Usahakan jangan seperti itu yaa karena latihan soal itu penting. Jadi, selalu sisipi soal-soal per bab untuk mengukur apakah kamu sudah benar-benar menguasai bab itu atau belum.

Selanjutnya, jangan langsung pasang target yang tinggi, nanti keteteran. Awali aja sedikit, kalau kamu sudah konsisten dan terbiasa, mulai naikan target belajarmu. Jangan langsung dipaksakan banyak, nanti jenuh. Belajar sedikit demi sedikit sampai kamu enjoy dengan proses embelajarannya dan kamu sendiri yang mau belajar, bukan karena paksaan. Waktu aku mulai belajar, aku buat jadwal yang sangat longgar, bisa dilihat kan sedikit perbedaannya antara jadwal Januari dengan Maret?




Waktu awal aku belajar itu masih selingan sama nonton drakor, drakor aku jadikan acuan agar aku cepat menyelesaikan targetku. "Ayo Dev, kalo kamu udh selesai target hari ini, boleh lanjut ngedrakor" Setiap jam 9 malam aku ngerjain latsol sambil nonton film di transtv malah wkwk



Jadi, buat dirimu senyaman mungkin untuk di awal-awal proses belajar, aku kan bukan orang yang suka belajar, jdi lumayan sulit untuk aku konsisten dgn apa yang aku lakukan. Maka dari itu, tujuan aku belajar pertama adalah "biar hobi belajar".

Belajar sedikit demi sedikit sampai kamu enjoy dgn proses pembelajarannya dan kamu sendiri yang mau belajar, bukan karena paksaan. Belajar sampai kamu merasa ada yang kurang ketika satu hari saja kamu enggak belajar. Belajar sampai ditanya ortu, "teh, nggak cape belajar terus?"

Nah, itu sih cara aku ngatur jadwal belajarku. Kalo ada yg salah tolong diluruskan, kalo ada yg blm jelas dan mau ditanyakan boleh DM, semoga membantu ya!

Komentar