[ EVALUASI ]



Setelah belajar mengerjakan soal mandiri ataupun try out, bagian terpentingnya adalah evaluasi. Sejauh mana kamu paham materinya dan materi apa yang harus kamu kuatin lagi pemahamannya.

Aku pribadi biasanya evaluasi setiap try out, kadang-kadang evaluasi setiap hari juga sih, tetapi enggak rutin, kalau lgi mood aja hehe. Palingan evaluasi waktu belajar aja, aku (kalau ingat) dan mau fokus banget, bisa aktifin Flip. Kayak gini misalnya 👇




Nahh, kalau untuk evaluasi try out biasanya aku catat ini setelah ada hasil to nya : 

1. Jumlah benar dan salah di setiap subtes 

2. Persentase jawaban benar 

3. Nilai setiap subtes 

4. Nilai rata-rata 

5. Ranking keseluruhan 

6. Rangking jurusan 

7. Persentase ranking Kayak gini 👇





Setelah itu, untuk mengetahui kelemahan aku di materi apa aja, aku tulis di kertas evaluasi saat to itu aku salah di bagian mana aja (ini saran dari Kak Fauzan Alrasyid waktu itu). 

Maaf ya, kertasnya blm aku foto, ketinggalan tadi, jdi aku pake foto file yg ada di laptop aja :(



Nahh, kalo aku lagi males belajar materi lain, biasanya aku catat ulang semua pembahasan soal (khususnya PK dan PU) walaupun aku udh jawab benar, tapi kalo lagi banyak target dan mepet, aku cuma tulis soal yang aku jawab salah aja terus aku pahami konsepnya lagi.



Selanjutnya, evaluasi bulanan, ini jarang banget sih, kalau gabut aja :( Ketika overthink melanda, aku biasanya nulis catatan buat diri sendiri, kayak ngomong sama diri sendiri gitu loh hehe




Ini lagii tulisan aku waktu itu, setelah nulis kayak gini biasanya aku lebih tenang sih, gatau kenapa wkwk






Naik turun nilai saat try out itu wajar, jangan dijadikan beban, tapi evaluasi, evaluasi, evaluasi. Udah deh, evaluasi aku kayak gtu aja sih, sama kayak temen-temen yg lain. 

Kalau ada yang salah tolong diluruskan dan yang masih kurang paham juga boleh DM ajaa ya. Terima kasih.

Komentar