[ JALUR LANGIT ]



Ada beberapa teman yang nge-DM, “Kak Dev, kakak punya amalan-amalan yang biasa kakak lakuin enggak, kalau kata org lain mah jalur langit gitu” dsb. Jadi, aku mau share di sini yaa ….

Sebenarnya, aku malu sama teman2 lain yang ibadahnya lebih rajin, doanya lebih kuat, usahanya lebih mantap. Akan tetapi, enggak ada salahnya kan untuk sharing?

Ibadah ini merupakan ibadah sunnah ya, kalau wajib mah … enggak perlu ditulis lagi kan?

1.    Membaca Al-Quran 

Biasanya, hampir setiap hari aku baca Alquran minimal 2 lembar.
Malam Jumat baca Alkahfi dan surat Yasin. Aku enggak merutinkan baca surat Al-Waqiah, tapi kalau aku lagi pengen baca, ya aku baca. Lebih bagus lagi dirutinin sih ….
Aku rasa, ini enggak ada apa-apanya dibandingkan dengan kita belajar berjam-jam, baca Alquran paling berapa menit kan, jdi usahakan setiap hari membaca Alquran. 

2.    Berdoa

Aku bukan tipe orang yang berdoa ke Allah minta yang terbaik, tetapi aku langsung sebut minta apa ke Allah. Sebelum minta, berterima kasih dulu atas nikmat yang diberikan, puji Allah dulu, baca selawat dulu. Allah suka kok hamba-Nya minta, berdoa.

Pernah denger orang bisa masuk surga itu karena rida Allah, bukan karena amalannya?

Nah, aku juga yakin, orang bisa lolos itu karena rida Allah, bukan karena usaha kerasnya. Jadi, biasanya aku berdoa, “Yaa Allah, ridailah aku masuk ke UGM. Jadi mahasiswa Psikologi UGM. Tidak ada yang dapat menjadikan semua itu terwujud kecuali Engkau meridainya. Usaha sekeras apa pun yang aku lakukan tidak akan membuahkan hasil jika Engkau tidak rida. Maka, tolong ridailah aku Yaa Allah”.

Selain itu, berdoa juga untuk teman-teman lainnya, niscaya doa itu kembali ke kita lagi.

3.    Salat Duha dan Salat Tahajud

Aku merutinkan salat duha setiap hari, salat tahajud setiap malam. Ada hari-hari yang memang kebablasan, pasti ada. Akan tetapi, sebisa mungkin aku menjadikan dua salat ini menjadi salat wajib (untukku).

Enggak banyak, tapi rutin. Aku cuma salat duha 2 rakaat, salat tahajud 2 rakaat ditambah witir 3 rakaat. Mohon doanya semoga aku bisa naikin kuantitas salat duha dan tahajud aku yaa..

4.    Puasa Senin-Kamis

Sejak tiga bulan menuju UTBK, aku rutin puasa Senin-Kamis, enggak dipaksa sih. Tapi kalo udh bangun tahajud kan sayang aja gtu kalo gak sekalian sahur. Jadi … kebiasaan deh.

5.    Dzikir pagi-petang

Jujur, aku enggak bikin target hebat seperti teman-teman lain baca selawat berapa kali setiap hari, aku belum bisa seperti itu huhuu L

Aku cuma rutin baca dzikir pagi-petang yang biasanya suka ada di buku-buku kecil itu loh..

6.    Berbagi

Aku kagum banget sama teman-teman di Twitter yang saling berbagi, ngajarin satu sama lain, share catatan pelajarannya, dsb. Itu keren banget, asli. Aku juga sangat terbantu dgn catatan teman2 ambisverse.

Alhamdulillah, aku juga masih dipercayai oleh Allah untuk bisa sharing dengan teman-teman pejuang UTBK lain, tetapi di whatsapp, hanya teman-teman yang kenal dari Instagram atau kenal gara-gara kemarin satu kelas online aja.

Kadang … kalau enggak bisa jawab, aku malu sih, tapi aku juga tertantang untuk belajar lebih lagi. Biasanya, aku tanya ke temen aku yg lain sampai akhirnya aku bisa jawab pertanyaan itu.

Berbagi bukan hanya dalam hal pelajaran aja, melainkan ke sesama makhluk hidup juga. Sadaqah, senyum, menebar kebaikan lainnya. Ini agak aneh tapi aku rasa Allah juga ngasih hadiah aku lolos ini salah satunya karena aku sering ngasih makan kucing liar. Awalnya aku enggak punya kucing peliharaan, tetapi ada kucing yg berkeliaran di sekitar rumah dan tinggal di atap rumah, aku kasih makan mereka, dari yang awalnya cuma satu, sekarang ada delapan kucing liar. Alhamdulillah …

 

 

 

Komentar