[ Pelajari Materi Ujian secara Terstruktur ]

Materi UTBK itu banyak loh, tahun ini memang TPS aja. Akan tetapi, tahun 2021 sepertinya akan ada TKA juga. Oleh karena itu, kamu harus menyusun jadwal belajarmu dgn baik biar enggak keteteran atau keasyikan belajar materi tertentu.



Kamu bisa susun target belajarmu dengan cara seperti ini misalnya,

1. Cari persebaran materi yang biasanya keluar di SBMPTN

Ini contoh persebaran materi aku dapat dari Zenius, yaa ... selebihnya kamu cari di internet, banyak kok!


 

2. Tuliskan materi apa saja yang harus kamu kuasai. Semuanya dari a-z. 

Ini catatan aku, semua pelajaran aku catat judul babnya dan berapa lama durasi video materinya di Zenius.




Jadi, kamu akan tahu bahwa sebenarnya kamu enggak bisa berleha-leha, banyak materi yg harus kamu kejarr. 

3. Tandai materi yang kamu rasa kamu sudah cukup menguasainya

Untuk apa? 

Kamu bisa menghemat waktu dengan tidak pelajari materinya terlebih dahulu dan latihan soal langsung. Biasanya aku latisol perbab, setelah semua bab selesai, baru latihan soal SBMPTN tahun sebelum2nya.

4. Tentukan materi apa saja yang akan kamu pelajari terlebih dahulu 

Saran aku (dari zenius learning) jangan loncat-loncat materi, maksudnya, kamu fokus aja dalam satu bulan misalnya untuk menyelesaikan Matematika aja atau Sejarah aja, bulan depan baru lanjut pelajaran lain.

Kalau kamu tipikal orang yang mudah bosan, kamu bisa atur per satu atau dua minggu pergantian jadwal, usahakan jangan hari ini Kimia, besok Biologi, lusa Fisika, dsb karena menurutku kurang efektif. 

Akan tetapi, itu sekadar saran, selebihnya kamu atur aja yang penting gimana caranya biar kamu paham konsep dan enggak bosan untuk terus belajar, okay? 

Aku pribadi di foto yang pertama sehari target dua bab+latsol bab itu. 

Akan tetapi, itu target kasar mingguan, biasanya aku rinciin lagi perhari.


GOOD LUCK! 

Komentar