[ SUMBER BELAJAR ]

 

Hallo, banyak yang nanya apakah aku bimbel atau enggak, pake buku apa aja, dsb. Jadi, aku mau sekalian tulis aja di sini yaa …

1. Zenius Education



Aku benar-benar mengandalkan Zenius dari awal aku memutuskan untuk ikut UTBK lagi, pas banget Zenius bebas akses saat itu. Aku pake Zenius yang reguler, enggak premium. Sampai UTBK pun yang saat itu ada program intensif, aku enggak ikut karena ... gatau kenapa deng gak ikut aja pokoknya :(

Nah, sebelum aku belajar TKA (karena waktu itu belum ada ketentuan UTBK cuma TPS aja), aku nonton video Zenius Learning dulu sampai tuntas, di sana aku dapat gambaran apa yang harus aku lakukan agar belajar aku optimal dsb.

Lanjut ke belajar TPS-nya alias aku nonton semua video pembelajaran TPS (kecuali bahasa Inggris), aku juga ngerjain semua latihan soal TPS yang ada di Zenius (kecuali b.Inggris juga).

Walaupun UTBK itu tipe soalnya beda, tetapi aku tetap kerjain semuanya termasuk soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya karena aku pikir ya ... pemanasan aja gitu sebelum belajar TKA hehe. Setelah selesai semua materi dan soal, baru deh aku belajar TKA.

Cara belajar aku di Zenius itu, Nonton materi -> mencatat -> latsol materi itu -> cocokin jawaban -> nonton pembahasan -> review.

2. Bimbel Mastertpa



Ini adalah bimbel online yang baru banget ada alias aku angkatan pertama (gatau tahun ini bakal ada lagi atau enggak). Tujuan aku ikut ini sebenarnya aku cuma pengen punya guru yang bisa ditanya kalo ada soal yang aku gak bisa dan aku pengen punya temen. Dulu, aku lihat di iklan Instagram dan aku ikut karena harganya menurutku sangat murah dibanding dengan bimbel lain, cuma 129.000 (promo). Memang untuk kualitas tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan bimbel sekelas Inten, GO, atau NF. Harganya juga jauh kan, harap dimaklum :(

Akan tetapi, yang aku suka dari bimbelmastertpa ini adalah setiap hari kita dikasih 10 soal dan pdf materi bab itu sebelum ada kelas (Senin-Jumat/Sabtu), jadi setidaknya aku dipaksa untuk belajar setiap hari karena harus mengisi soal itu di g.form sebelum kelas dimulai. Belajarnya per-materi, setiap 3 bab materi bakal ada latsol rekap 3 bab itu. Setiap kelas itu 1 jam pelajaran di whatsapp, gurunya ngejelasin pembahasan soal yang udah dibagiin sebelum kelas (enggak ngejelasin dari materinya dulu) tapi kalo ada yang belum paham boleh nanya.



3. Buku TPS GO



Ini kayaknya buku banyak yang pake ya, jdi pasti pada udah tau kaan.. Aku pake ini cuma sedikit, enggak dikerjain semuanya. Cuma ngerjain latihan PU,PBM,PK semua 5 paket, PPU cuma 2/3 paket dan yang latihan tryout sekaligus ada 5 paket enggak aku kerjain satu pun.

Menurut aku, buku ini bagus sih kalau ditinjau dari UTBK 2019 memang tipenya sangat mirip. Tapiiii, aku kan beli buku ini setelah aku ikut banyak tryout ya, aku nemuin banyak soal to yang sama persis dengan buku ini. Entah platform to-nya yg ngikutin atau gimana :(

4. SKS Kuning



Waaahh, ini mah sudah jelas pasti semua tauu hihii Aku dapet ini gratis sih, dikasih sama temenku dan aku cuma pake Zenius + buku ini untuk belajar TKA. Akan tetapi, tentu saja pemahaman TKA aku enggak seperti teman-teman lain yang belajar dari banyak sumber

5. Grup CAMABA SUKSES



Anggotanya cuma ada berempat, Angel, Abim, dan Richi. Kami kenal gara-gara kelas bimbelmastertpa. Mereka itu kritis, jadi ketika guru ada salah menjelaskan langsung ngeuh dan berkomentar, jadi deh aku bikin grup yang isinya untuk "gibah soal".

Sebelum bahas soal bareng, kita berempat tuh cerita tentang kehidupan masing-masing yang mungkin enggak semua orang tahu, jadi setelah itu kita merasa lebih dekat meskipun enggak pernah ketemu.

Ini udah izin ya ke orangnya aku ss gini, yg lainnya gak boleh katanya hihii..



Kita bahas soal bareng, lewat wa, review pembahasan to bareng lewat google meet dsb. Jadi, buat teman-teman yang mau punya teman belajar, boleh kok sksd ke temen online, ajak aja yang mau berjuang bareng, enggak harus banyak-banyak asal semua punya komitmen. Itu opiniku ya..

6. Utas Kak Fauzan Alrasyid dan Ambisverse




Aku tahu Kak Fauzan dan ambisverse baru-baru ini, itu pun dari Syaaf. Saat itu Syaaf langganan banget ada di top rank to MK, bahkan nilainya perfect alias 1200. Jadi, aku kepo kan, makannya aku kira saat Kak Fauzan upload foto di IG dengan caption ini, yang dapat nilai 1200 itu pasti Syaaf karena yang aku tau ya cuma Syaaf hehe. Aku gatau malu lagi malah ngetag di IG WKWK, tapi gapapa ... dari sana aku jadi main Twitter dan bertemu banyak orang baik.

7. Grup Dialektika Kelas Kita



Aku juga tau grup ini dari Syaaf wkwk, makasih pokoknya Syaaf :v makasih juga Kak Ally selaku owner grup ini yang hobinya ngekick orang huhuu :(

Adminnya sama-sama angkatan 2020, tapi mereka mau mengorbankan waktunya untuk buat soal, rajin ngadain kuis setiap malam jam 9 (kecuali Jumat jadwalnya sharing). Jadi, setiap malam tuh ya belajar bareng. Kadang greget pengen masuk leaderboard sekali-kali gitu wkwk, tapi itu yang buat kita semangat dan terpacu satu sama lain, biar bisa ngalahin Crypt :v

8. Youtube

Tentu saja Aku banyak belajar dari Youtube, channel yang aku tonton itu biasanya m4th-lab, Privat Al Faiz, Kak Miracle Sitompul, ngEkonomi & Berkelana, The Guru Sejarah, dll. Sisanya random sih, channel siapa aja yang ada bahas soalnya gitu ...

Selain itu, aku juga pernah ikut kelas gratis satu minggu yang diadakan oleh bias.education (di ig), belajar PK dan PPU dari Quipper waktu masih gratis, dan tentunya belajar dari pembahasan macam-macam tryout yang aku ikuti.

Udaah deh, sumber belajarku itu aja. Aku enggak punya banyak buku, jdi maaf banget yang nge-DM nanya mau hibahin buku atau enggak aku gak bisa karena emang aku gak punya L

Terima kasih yang sudah berkenan membaca, ini sekadar sharing aja ya, maaf kalau berbelit dan panjang banget karena aku emang mau sekalian cerita :(

Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan, boleh DM aja ya kalau ada yang masih kurang jelas dan mau ditanyakan.

Komentar