[ TRY OUT RUTIN ]


Untuk menguji seberapa jauh pemahaman kamu dan belajar untuk manajemen waktu pengerjaan soal, penting untuk kamu ikut try out. Akan tetapi, pilihlah platform yang berkualitas, menyediakan pembahasan setelah try out agar kamu bisa evaluasi.

Bisa banget kamu try out satu bulan sekali atau dua minggu sekali, semampunya aja, tetapi alangkah baiknya rutin kamu ikuti. 

Jangan juga tergiur dengan banyaknya try out gratis sehingga kamu banyak ikut try out tetapi lupa evaluasi kelemahan kamu -itu pengalaman aku dulu- 

Aku pribadi di awal bener-bener cuma ikut Eduka aja, dari try out 7 dan gratisan, eh ... aku ketagihan, jadi aku langsung beli paket try out sampai UTBK, rutin. Saat itu aku benar-benar belum punya teman berjuang, belajar sendiri aja. Lama kelamaan aku ikut to gratis lain juga, apalagi saat LTMPT mengumumkan kalau UTBK cuma TPS aja, banyak banget to yang aku ikut sampai kelabakan, SEHARI BISA SAMPAI 2-3x TO AKU -_- 



Ini jangan diikuti ya, jujur salah banget. Akan tetapi, aku bisa ngambil manfaat kok dari apa yang aku lakuin ini.

Aku bisa pilih mana try out yang berkualitas yang selanjutnya rutin aku ikuti setelah even to-to gratis itu. Selain itu, aku juga bisa meningkatkan intensitas belajarku. Satu kali to kan 2 jam, 2-3x to bisa sampai habis 6 jam, lanjut belajar materi atau bahas ulang soal to, jadi aku bisa kuat belajar lebih lama dari biasanya, apalagi kalau enggak ada to atau to cuma sekali, makin kerasa deh enjoynya belajar tuh. 

Beberapa waktu lalu, pernah ada guru yang meminta pendapat mengenai beberapa platform to yang menurut aku bagus, aku lampirkan di sini yaa..

Sainsin

Ini murni opini pribadi ya, aku tambahin first impression setelah ikut try out dulu. Aku ikut ini bener2 dari TO 1-7 alias TO terakhir, SainsIn juga yang buat aku jadi punya teman berjuang karena dulu di repost SG aku dan jdi ada yg follow ig yg dlu follsnya 0 wkwkwk




Eduka

Buwhan kesayangan semua umat. Aku ikut TO dari 7-19, pernah sekali ngeskip kalo nggak salah, ilopyu Buw





Pahamify

Mipiii kesayangan banyak orang juga! Aku seee-excited itu waktu liat fitur-fitur di Mipi, dulu pertama kali aku ikut pesertanya belum sebanyak sekarang, cuma ikut gratisan 2x, terus baru ikut lagi pas TO ke-15 dan beli pake 10x to hehee.








Zenius

Siapa yang enggak tahu Zenius? :( Aku enggak punya fi wktu pertama kali TO karena dari awal emg aku belajar pake Zenius, Zenius yang nemenin aku dari garis start sampai finish, mulai dari zenius learning sampai soal-soal sbm tahun sebelumnya :( sayang Zenius <3



NF Juara

Aku ikut to NF ini kalau gratisan aja karena dulu udh kebanyakan TO, uang menipis hehe, tapi kalo gratis enggak aku lewatkan. Aku juga error karena sinyal di rumahku emg dakjal.





PENTING, nilai try out sama sekali enggak mencerminkan kelolosan ya teman-teman, dari sekian banyak to yang aku ikuti di foto pertama (itu yg aku ingat, gatau yg lupa), mungkin hanya 5x aku masuk dalam PG lolos Psikologi UGM. 

Setelah TO, penting juga untuk evaluasi. Tapi aku ceritain di utas lain yaa, ini kepanjangan dan aku blm ada foto-foto catatan evaluasi aku, dicari dulu wkwk 

Sekali lagi, ini murni opini aku, boleh ada yang setuju atau enggak. 

Terima kasih, kalau ada yg blm jelas boleh DM ya :)

Komentar